Tips Belajar / Menguasai IT

Aneh, itulah yang gw rasa ketika saat ini banyak sekali bermunculan sekolah kejuruan (SMK) yang memiliki  jurusan IT yakni Multimedia (MM), Rekayasa perangkat lunak (RPL) dan teknik komputer dan jaringan (TKJ).

Dari beberapa SMK yang gw survei (gaya banget ya...), tapi emang beneran, gw muter sekolah2 yang ada jurusan IT, dan hasilnya adalah sesuatu yang akan gw tulis di postingan kali ini. Are you ready! tara... inilah hasilnya:

  1. SMK berdiri saat ini adalah proses latahnya pengelola sekolah, hal ini disebabkan oleh korban tren, emang sih, hampir semua SMA dipastikan ada SMK-nya, kenapa? ya kalo gak ada SMK muridnya habis (bisa tutup dah tu sekolah).
  2. Kesiapan Stake Holder SMK lemah. kenapa?, lemah disini maksudnya loyo? (walah dah kaya apaan pake kata loyo), begini, lemahnya SMK yaitu kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam proses belajar dan mengajar, (mksdnya bijimana) gini loh, Sumber daya manusia adalah pengajar atao pendidik yang tidak menguasai disiplin keilmuan. contohnya gini, guru kewira-usahaan (KWU) saat ini hampir tidak ada yang menguasai disiplin keilmuan yang ada di SMK pada umumnya. padahal KWU merupakan ilmu yang sangat diperlukan bagi siswa untuk menjadi seorang entrepreneur atau   pengusaha (ya iyalah mana ada pengusaha sukses mau jadi guru dengan gaji yg ckup bwt beli bensin). selain itu pengajar bidang design grafis dan web design, untuk guru pada bidang ini gw ragu 99,9% mahir dalam mengajar, kenape?, gw yakin banget kalo siswanya bertanya pasti ngeles mulu, iya kan? kenape lagi tuh?, karena gak tau apa yg mau diajarkan, lah wong dia sendiri gak tau cara bikin design grafik atau web (biasanya mereka / guru cuma ngandelin tutorial doang bukan pengalaman). wajar lah menurut gw, mana mungkin orang yang ahli bidang design grafis dan web designer mau jadi guru yang gajinya cuma cukup beli rokok 3 slop, iya kan? (intisarinya kalo mereka ahli atawa pakar gak mungkin jadi guru). udah itu yg terakhir hasil survey gw, guru audio visual, guru bidang ini biasanya jago ngeles juga loh, gak mungkin ahli utak atik adobe premiere mau jadi guru apalagi yang jago SFX, apa ntuh? itu loh yang jago bikin special effect pada video yang kaya film Harry Potter, Alien dll. SFX ntuh bikinnya kalo gak salah umumnya pake 3Dmax,  dan Adobe After Effect, naaaah untuk SFX gw yakin banget kalo di Indonesia belum ada yang ahli, buktinya di tipi dan biyoskop gw gak pernah nemuin SFX yang bisa dibilang bagus, apalagi pilem yg di Indosiar duh sakit mata gw nontonnya, ntuh ngebuktiin kalo belum ada yang jago dibidang audio visual, (artinya kalo mahir gak mungkin jadi guru). dah itu aja untuk masalah guru .... bla bla bla 
  3. Kelemahan Siswa yang tidak kritis. nah sekarang adalah masalah siswa yang tidak punya rasa ingin tahu yang besar, sehingga guru-guruan di point ke 2 (dua) diatas leluasa dan menikmati profesinya yang hebat sebagai guru2an ;),  jadi siswa dipastikan gak akan tau apa2 selama mereka tidak kritis dan gak punya rasa ingin tahu yang besar. terus gimana dong?, caranya gampang kok "rajin bertanya" agar guru2an bisa dan mau belajar, coz setau gw, kalo cuma bikin design pake photoshop, corel dan ngeblog doang gak usah jurusan IT, belajar aja sendiri (otodidak) dipastikan bisa. 
Nah yang diatas itu adalah  hasil survey ala Hadi Tzu yang manis dan tidak sombong..... ;) piss ah

Sekarang tu de poin aja ke masalah pokok, yaitu "Tips Belajar / menguasai IT" berdasarkan ke 3 (tiga) kondisi di atas, ini dia lo baca biar gak gaptek atau gagap teknograpi ;):
  1. Lo  kudu tau alesan kenapa kudu belajar, misalnya kenapa kudu belajar HTML dan JAVASCRIPT, kudu tau alesan kenapa belajar JAVA, manipulasi gambar bitmap (Photoshop), mendesign gambar vektor (Corel), web design (Photoshop, flash, dream weaver,  frontpage dll). bikin film pendek dengan banyak software audio visual kayak adobe premiere dengan plugin2nya,  program sony, ulead dll.  jadi kalo dah tau alesannya, lo pasti tau hasilnya dari belajar itu semua, jadinya semangat kan belajarnya?.
  2. Step by step atau sistematika materi kudu jelas dan kudu tau. maksudnya kalo lo lagi belajar Audio visual elo kudu tau kronologis proses pembuatan film. 
  • Contoh proses pembuatan film ==> 1. Step pertama adalah: Penulisan Script harus ada sebagai materi pembuatan film. 2. Tahap kedua  yaitu "pengambilan gambar, take, shooting" tahap ini lo membutuhkan kamera. lo belajar mengambil angle-angle atau sudut yang tepat serta pencahayaan yang bagus, step ini memerlukan banyak orang agar ngetake gambar bagus. 3. step ketiga yaitu proses transfer Video di kamera ke PC, caranya gimana?, lo kudu ada yg namanya konektor firewire, biasanya cukup tipi tuner internal karena card ini udah ada yang menyediakan firewire. 4. proses Editing, terserah lo mo pake sopwer yang mana aja, kalo rekomendasi gw sih lo pake adobe premiere karena pluginnya sangat lengkap dan sopwer ini standar pilem hollywood loh. 5. terakhir lo transfer hasil editan lo ke DVD atau VCD dengan program nero. jadi kalo salah  satu step atau langkah gak lo jalani atau pelajari atau gak diajarin ama guru lo, maka gw yakin lo gak bakalan tau cara bikin pilem, padahal mata pelajaran produktipnya ada, iya kan?.
  • Proses mendesign web. langsung stepnya aja ya. 1. Gw yakin lo diajarin mendesign web dengan photoshop, iya kan?, jadi  langkah awal kudu di design pake photoshop. 2. lo edit hasil design web dengan photoshop dengan frontpage rekomendasi gw lo pake dream weaver aja, jadi dengan dream weaver lo  bikin link menu dan ngetes apakah link berfungsi atau tidak. 3. lo kudu punya hosting dan nama domain, apaan tuh?, nah hosting=tempat naruh hasil design elo, kalo domain yaitu nama atau alamat url website elo, contoh www.haditzu.webs.com atau http://mr-tzu.co.cc/.jadi kedua link itu  adalah nama domain. terus bayar apa tidak sih, kedua nama domain diatas adalah gratisan, jadi lo bisa kok punya nama domain sendiri dengan nama : www.namalo.co.cc. kenapa gratisan ya iyalah emangnya lo punya duit buat sewa hosting plus domain?, terus hostingan gratisan ada gak ya?, ada kok yaitu 000webhost.com. 4. langkah terakhir elo tanya sama guru2an elo, gimana caranya???????.
Itu aja tips untuk menguasai IT, jadi semoga tips diatas bermanfaat bagi nusa dan bangsa serta agama, hehhe, lah kok TKJ gak di bahas?, untuk tau ilmu TKJ elo gak usah sekolah! modalnya lo punya komputer lo bongkar terus lo pasang, jadi deh, terus untuk jaringan lo pinjem PC tetangga lo pake kabel LAN sama terminalnya disetting IP mo client or host nya jadi deh. terus lo cari tutorial dengan keyword "merakit jaringan lan atau apalah gitu" lo tinggal baca deh, hehehe, lo tinggal beli tang kripping buat kabel. gitu aja repot.


Akhir kate, maaf atas ketersinggugan siapapun yang baca, jarang-jarang loh gw minta maaf, SMK yang disebutkan diatas adalah SMK di negeri Impian, jadi kalo SMK di Indonesia gw gak tau, dah canggih apa gak?, gw cuma survey SMK di dunia Impian kok. ;)