Tuffa Band - Cileduk


Berangkat dari kecintaanya terhadap dunia tarik suara, dara manis yang memiliki suara lantang yang khas memulai karir musiknya dengan membuat sebuah Band untuk meraih mimpinya.

Awal lahirnya Band ini dimulai dari sekumpulan para band-band yang berkumpul di studio di kawasan ciledug jakarta, kemudian sering ngumpulnya dan memiliki visi yang sama, akhirnya lahir sebuah Band dengan jenis musik Pop Alternatif dengan nama TUFFA Band.

TUFFA Band diambil dari bahasa arab yang artinya adalah buah apel, dimana pencetusnya mengharapkan musik yang dilahirkan merupakan dari sebuah perjuangan yang cukup melelahkan dapat diterima serta disukai oleh semua pencinta musik di seluruh tanah air.

TUFFA Band memiliki personil sebanyak 6 orang, yang terdiri dari Fierza (22 tahun) sebagai Vokalis, Dodi (27) pada Gitar Bassis, Eky (23) Gitar, Sandi (27) Keyboard , Tata (24) Drummer, dan Dedi (25) juga pada Gitaris 2.

Pop Alternatif yang diusung oleh TUFFA Band mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan Band yang lain, seperti lyrics yang memiliki makna yang dalam bila didengarkan, jenis nada dan alunan musiknya yang banyak variasinya dan beragam hingga dengan judul-judul lagunya yang dibawakan, memiliki aliran musik yang berbeda, sehingga para pendengar dapat menikmati lagu TUFFA Band dengan berbagai versi.

"Hits single kami adalah cintaku padamu, yang memiliki karakter musik yang lembut dan ngebit namun memiliki karakter vokal yang menusuk ke kalbu hingga hanya mendengarkan, terbawa oleh lagu tersebut" cetus Fierza sebagai pencipta lagu tersebut, Kamis, 19/5/2011

Fierza menambahkan seluruh lagu dari TUFFA Band merupakan hasil karya sendiri tanpa dibantu orang lain. "Kami ingin sepenuhnya lagu kami adalah gerakan yang dibuat dari tangan maupun suara kami, bukan dibantu oleh kemajuan teknologi" papar Fierza yang merupakan anak dari Salah satu produser musik terkenal Indonesia.

"Kami ingin menciptakan lagu berdasarkan hasil karya yang didapatkan dari perjalanan karir, memang agak lama, namun lagu kami memiliki kualitas yang mumpuni seperti lagu-lagu jaman dahulu yang sampai sekarang tetap diingat" tambah Dara manis yang sudah menyelesaikan kuliahnya dibidang hukum.

Untuk Prestasi TUFFA Band tidak dipungkiri lagi, Pernah mengikuti kompetisi LA Starlight di Jakarta dari 4000 Band yang mengikuti acara tersebut, Band ini mencapai prestasi semifinalis dengan tembang terkenalnya "cintaku padamu" pada tahun 2010.

"Di tahun 2011, Kami juga mengikuti event 1000 band di cibubur dan mereka sangat antusias dengan lagu-lagu yang kami bawakan" ungkap Eky (gitaris) di Cafe Kopi Merah Cipete, jakarta selatan.

"Bahkan ada yang meminta kami untuk terus menyanyi" tambah Sandi (Keyboard)

Sementara itu Dodi (Bass) menambahkan " kami diminta dan diundang oleh Partai Hanura di acara Hutnya dan kami membawakan dua single hits kami, dan disitu kami tidak boleh turun, dan terus bernyanyi" ungkapnya sambil tertawa.

"Hal ini membuktikan bahwa Band ini sangat digemari baik oleh seumuran kami maupun seumuran orang dewasa" imbuh Fierza.

"Kami memiliki kekuatan lirik dan keunikan terhadap nada musik , kami memiliki ciri khas tersendiri sehingga lagu kami dapat diterima dengan baik oleh pendengar� pungkas Fierza.

TUFFA Band terinsiprasi oleh musisi kelas dunia dan yang di ilhaminya adalah Band luar Paramor dan Doughtry, dimana Band tersebut memiliki karakter yang kuat dan memiliki ciri khas di jenis musiknya.

"Setiap orang yang mendengarkan lagu kami untuk pertama kali masih penasaran, tetapi setelah itu pasti ketagihan" tambah Fierza.

Di akhir acara TUFFA Band menyatakan bahwa lagu merupakan jiwa dari sebuah musik, musik di dapatkan dari sang pencipta lagu dan pencipta lagu mendapatkan lagu tersebut dari mengilhami dari perasaan , oleh karen itu jadikanlah musi itu sebagai suatu seni yang dapat dinikmati oleh banyak orang.

"Kami berharap Band kami dapat diterima oleh semua pencinta musik dan dapat terus eksis di dunia musik di Indonesia" harap Fierza.(Demie)

Source: http://www.reportaseindonesia.com