"Band" Jangan Obral

Bingung juga mo milih judul yang tepat untuk postingan kali ini, akhirnya setelah melakukan audisi, maka terpilih satu kandidat, yakni: "Band" Jangan Obral  hehe, dah kaya pilkada aja, yang ngebedain cuma gak ada aksi protes dan kekerasan.

Ok, langsung aja ato tu de poin. 

Saat di tahun tepatnya awal 2011 ini ada ribuan band label besar, label2an dan indie, dari mulai musisi yang telah memiliki banyak fans atau bisa juga dikatakan memiliki massa yang cukup banyak dan band yang baru dari kalangan anak  kuliahan bahkan sekolahan ngantri untuk dapat terkenal atau pengen ngartis, waaaaa apaan tuh ngartis? hehehe ;).

Jaman sekarang untuk dapat terkenal atau ngartis sebenarnya gampang, yg penting lo punya modal, kurang lebih lo kudu  punya duit 2 (dua) karung, berapa tuh, hehe... emang bener banget sih, menurut beberapa temen orang TV yang gw kenal, kl mo masuk Inbox, dahsyat, mantab, dan gak tau apa lagi, lo kudu punya budget yang banyak, minimal lo kudu punya kenalan orang yg punya pengaruh dan loyal tentunya, masalahnya kl cuma sekedar kenal percuma aja, coz ngomongin musik sekarang berarti ngomongin duit loh.

Nah, tau kan kondisi objektif yg terjadi di dunia musik tanah aer kita, atau kondisi yang sulit untuk dirubah mksd gw. Untuk sekarang band yang udah bagus, setengah bagus dan bagus banget berusaha memperkenalkan karya mereka dengan berbagai cara, karena untuk promosi hard (CD dan Kaset) dipastikan butuh dana banyak banget, nah, maka sekarang ini hampir seluruh band tanah aer mempromosikan band melalui media Internet, mulai dari group pesbuk,  page pesbuk, myspace reverbnation dll. yang di berikan atau disediakan band di internet biasanya adalah link donlod gratis dan link youtube, setelah itu ... ya sudah, berharap ada pencari bakat atau produser yang mengangkat.  hehe. 

Tapi kawan, sadar gak sih kita, kalo dengan cara yg kaya gitu kita terlalu berharap banyak musik kita di dengerin banyak orang dengan memberikan karya secara gratisan!. padahal banyak banget loh kelemahan  / kerugian yang kita dapatkan dan ternyata itulah yang terjadi. apa itu kerugiannya?

  1. Karya kita tidak dihargai dan berkesan murahan, karena karya kita ada diantara ribuan karya murahan lainnya.
  2. Karya kawan2 Rentan di ambil oleh plagiator dalam negeri maupun luar negeri. (karena page Carventer band memiliki member dari band yg cukup banyak dari negara tetangga)
Terus gimana dong?, boleh aja kawan2 promo lewat berbagai media di internet, dengan memberikan link donlod lagu kawan2, tapi jangan full durasinya, jadi coba di potong jadi 50 atau 75 persen dari seluruh durasi.

Begitulah kira2 kawan, coz beberapa kenalan pesbuk di luar negeri khususnya eropa, hampir gak ada yang memberikan karya dalam bentuk audio secara full, karena penghargaan bagi musisi sangat bagus disana.

Bijitulah kondisi musik di tanah aer, jadi kl ada kekurangan di postingan kali ini mohon maap.... piss salam \m/